4. Okt, 2015

Pencapaian optimal

Manusia diciptakan oleh Allah Yang Maha Pencipta dengan kelengkapan panca indra.

Secara normal kelengkapan panca indra yang berarti lima indra yaitu Mata, Telinga, Hidung, Mulut/ Lidah dan Kulit.

Setiap indra tersebut memberikan sumbangsih sesuai dengan fungsinya, mata berfungsi untuk melihat, telinga berfungsi untuk mendengar, hidung berfungsi untuk mencium, mulut&lidah berfungsi untuk berbicara dan juga mengetahui rasa pahit, manis dan asin sedangkan kulit berfungsi sebagai peraba (halus, kasar, cuaca dan sakit).

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memfungsikan satu diantara indranya menjadi dominan disesuaikan dengan kebiasaan/ aktivitas yang dominan.
Misalnya:
Seorang pembicara/ trainer menjadikan mulut dan lidah sebagai indra dominan, karena mulut dan lidah difungsikan untuk berbicara.
Seorang petinju menjadikan kulit sebagai indra dominan, karena kulit dijadikan standar untuk merasakan sakit dari pukulan lawan.
dlsbg

Dalam setiap profesi diatas, selalu ada yang lebih unggul dari lainnya. Misalnya ada pembicara sukses tetapi ada pembicara yang lebih sukses, ada petinju sukses tetapi ada petinju yang lebih sukses, mengapa demikian? Karena mereka memfungsikan indra sampai titik pencapaian yang optimal.

Pertanyaan yang muncul adalah dimana letak kunci sukses agar indra-indra yang difungsikan menghasilkan titik pencapaian optimal..??

Pola Gunung Es atau Piramida
Kita pernah mendengar ada istilah dalam managemen, pola piramida atau pola gunung Es. Puncak atas dari gunung es tersebut sangat didukung oleh pola-pola yang ada dibawahnya, pola-pola dibawahnya mensupport penuh.

Kalau diproyeksikan ke indra kita, maka indra yang dominan adalah indra yang berada dipuncak gunung es, indra-indra lainnya berada dibagian bawah , mendukung penuh tegaknya indra diatasnya. Dibutuhkan kerjasama yang baik diantara indra-indra tersebut dan tidak saling mengalahkan atau saling menjatuhkan. Masing-masing indra mengerti fungsinya dan menjalankan dengan penuh tanggung jawab.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengkondisikan indra agar mudah dipolakan seperti pola piramida atau pola gunung es:

Fokuskan niat,
Fokuskan target,
Fokuskan sarana & prasarana pencapaian dan
Fokuskan pengawasan.

Kalau kita selalu FOKUS dalam segala aktivitas kita, maka pencapaian optimal akan selalu kita raih…..